About Me

Rabu, 06 Januari 2010

Maneges Karso Dalem

21.40
Dalam SESI hening tadi, ak merasa seperti mendapatkan sebuah pelita….
Ya… Pelita… Pelita yang memberikan sebuah cahaya harapan akan kegalauan hatiku, kecemasan-kecemasan dalam perasaanku, dan kekalutan-kekalutan dalam pikiran akal budiku. Aku disadarkan bahwa segala yang kualami dan kulakkukan bukanlah berdasar pada kehendakku. Itu semua adalah demi kehendak Dia yang mengutus aku dan memilihku untuk ada di dunia. Panggilan hidup, tujuan hidup, serta segala motivasi yang ada dibaliknya semestinya bertolak dari Karsa Dalem Gusti. Bukan karsaku. Bukan juga demi mencukupi apa yang kubutuhkan, melainkan apa yang Tuhan butuhkan. Nglampahi karsa Dalem Gusti adalah yang utama dan terutama.
Yesus sendiri yang mengajari para muridnya dan pengikutnya untuk selalu manages karso Dalem Gusti. “Makananku ialah melakukan kehendak Bapa-Ku”. Begitulahyang diajarkan Yesus. Perjuangan Yesus mempertahankan hidupnya adalah bukan demi keselamatan dirinya saja. Yang terutama adalah mengejawantahkan apa yang menjadi kehendak Bapa.
Terima kasih Tuhan, karena pada kesempatan ini aku diingatkan lagi akan motivasi dasar aku hidup di dunia ini. Aku diingatkan lagi akan visi utama dan mendasar dalam kehidupan ini; Panggilan hidup manusia Kristen yang paling dasar. Itu semua terangkum dalam melaksanakan kehendak Bapa.Maka, segala daya upaya dan pilihan-pilihan hidupku adalah demi melaksanakan kehendak Bapa. Bukan demi cita-cita, bukan demi impian-impian, bukan demi rumusan-rumusan visi hidup, bukan demi panggilan-panggilan yang kurumuskan, bukan demi apa-apa yang kupercayai semata-mata. Namun, ini semua adalah demi menjalankan dan mengejawantahkan apa yang menjadi karsa Dalem Gusti. Itu saja.
Persoalan hidup mendasar yang perlu kuselesaikan mulai saat ini adalah manages karso Dalem Gusti. Yang lainnya di-skip dulu.
Maria mau merawat bayi dalam kandungannya yang asal muasalnya di luar akal sehat manusia hanya demi melakukan kehendak Tuhan. Musa yang mau memimpin Israel, bangsa yang pernah menolaknya, adalah demi melakukan kehendak Allah. Yusuf yang mau mengambil Maria sebagai istrinya adalah demi melakukan kehendak Allah.
Maneges Karso Dalem Gusti adalah panggilan ciptaan Allah dalam perjuangannya mempertahankan hidup.

06.30 (6 Januari 2010)

0 komentar:

Posting Komentar